5 Keuntungan Virtual Office Untuk Karyawan: Lebih Betah Kerja, Produktivitas Jadi Naik
Aviso.co.id - Fasilitas virtual office untuk karyawan bisa membuat mereka lebih nyaman dan semangat bekerja. Berikut penjelasan 5 keuntungan virtual office untuk karyawan di artikel ini.
Semua pelaku usaha pasti membutuhkan karyawan untuk menjalankan operasi bisnisnya dengan lancar. Setiap jenis usaha memiliki kebutuhan yang berbeda untuk jumlah dan komposisi karyawan untuk menjalankan operasinya. Namun, ada satu hal yang semua jenis usaha sama-sama butuhkan adalah karyawan yang memiliki psikologis yang positif. Pelaku usaha perlu memastikan bahwa karyawan merasa nyaman, aman, dan tentram bekerja. Dengan begini, karyawan menjadi lebih semangat bekerja dan produktif yang jelas akan berdampak positif ke usaha Anda.
Mendesain dan membangun sebuah kantor fisik dengan fokus untuk memastikan karyawan nyaman bekerja membutuhkan waktu, tenaga, dan modal yang banyak. Namun, di zaman modern ini, sebuah usaha bisa berdiri tanpa memiliki kantor fisik dengan memanfaatkan virtual office beserta fasilitas yang diberikan. Apa saja fasilitas virtual office untuk karyawan yang bisa membuat mereka nyaman bekerja? Simak terus artikel dibawah ini.
5 Keuntungan Virtual Office Untuk Karyawan: Lebih Betah Kerja, Produktivitas Jadi Naik
Fasilitas virtual office memberikan beberapa keuntungan keuntungan secara nyata bagi penyewa, yang dalam hal ini adalah perusahaan keseluruhan dan karyawan perusahaan. Perusahaan keseluruhan bisa menikmati memiliki alamat bisnis resmi dan legal di lokasi yang prestigius sesuai penyedia virtual office, layanan penerimaan surat dan paket, ruang rapat yang bisa disewa sesuai kebutuhan, dan dukungan sekretariat atau front desk beserta pengelolaan panggilan telepon.
Lalu, keuntungan yang dirasakan secara nyata oleh karyawan perusahaan diantaranya adalah:
1. Fleksibilitas Lokasi Melalui Sistem Kerja Remote
Di zaman modern ini, sudah bukan masanya dimana karyawan harus datang ke kantor fisik. Pada jenis usaha startup modern, mayoritas SDM bekerja secara remote. Nah, Virtual office mendukung sistem kerja secara remote seperti ini.
Dengan begini, karyawan jadi tidak perlu datang ke kantor seperti sedia kala dan ini bisa meningkatkan produktivitas karyawan karena lebih minim stress. Selain itu, pertemuan internal juga bisa dilaksanakan melalui platform pertemuan online yang bisa dilakukan di mana saja, selama ada jaringan internet
Seketika, manajemen tidak terpatok pada satu kantor fisik di alamat yang sulit dijangkau bagi pekerja remote yang jauh. Semua operasi dan pengawasan SDM dilakukan secara online untuk mengakomodasi kerja remote.
2. Akses ke Ruang Kerja dan Ruang Rapat Sesuai Kebutuhan
Bila memang perlu untuk melakukan koordinasi timi secara langsung atau rapat bersama klien, virtual office tetap menyediakan sewa ruangan-ruangan ini sesuai kebutuhan. Sesuai kebutuhan ini justru memiliki beberapa keuntungan utama yakni, tidak perlu investasi peralatan dan perlengkapan ruangan, tidak perlu menambah biaya perawatan, serta lebih fleksibel untuk penggunaannya.

Selain itu, virtual office memastikan ruang kerja dan ruang rapat ini memiliki desain modern dan mengutamakan fungsionalitas. Alat-alat ruang kerja dan ruang rapat siap pakai seperti proyektor, layar proyektor, papan tulis, kursi dan meja kantor, serta jaringan Wi-Fi dan LAN juga sudah tersedia.
3. Kemudahan Kolaborasi dan Komunikasi Melalui Ruang Kerja dan Ruang Rapat
Masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Dengan memanfaatkan fasilitas ruang kerja dan ruang rapat yang disediakan, kolaborasi pun menjadi sangat mudah.
Kolaborasi yang dimaksud bisa terjadi secara internal perusahaan yakni mengadakan sesi kerja hybrid antara yang remote dan yang di tempat. Atau, kolaborasi antar perusahaan atau komunikasi kerja sama dengan klien yang jauh. Semua ini akan diakomodasi dengan virtual office melalui fasilitas dan digitalisasi.
Maka, virtual office memang akan mendukung semua operasi usaha modern secara digital. Anda bisa dengan mudah berkomunikasi dengan klien dari luar negeri atau luar pulau dengan platform meeting online dengan fasilitas dari virtual office. Bekerja sama secara internal dengan pekerja yang dari luar negeri atau luar pulau pun juga lebih mudah dengan sistem seperti ini.
4. Efisiensi Waktu, Tenaga, dan Biaya
Dengan menggunakan virtual office, bekerja work from anywhere (WFA) atau secara remote/online menjadi bentuk kerja yang utama. Maka, di mata karyawan, ini adalah bentuk efisiensi waktu, tenaga, dan biaya.
Mereka jadi tidak perlu repot berkendara dulu menuju kantor dan dalam waktu bersamaan juga menghemat biaya bensin dan perawatan kendaraan. Perihal efisiensi waktu, efisiensi adalah dalam hal untuk mengurangi waktu yang habis dalam perjalanan, bukan waktu saat bekerja. Waktu bekerja secara umum yakni jam 9 pagi hingga 5 petang masih berlaku yang dimana karyawan tetap perlu stand by saat kerja WFA atau remote/online.
5. Meningkatkan Kepercayaan Diri Karyawan Melalui Lingkungan Kerja Modern
Salah satu bentuk branding adalah juga dari apa yang dikatakan karyawan mengenai perusahaan kita. Karyawan akan menikmati beberapa fasilitas pendukung di virtual office seperti Wi-Fi atau LAN berkecepatan tinggi, suasana ruang kerja dan ruang rapat yang modern, dan bisa bekerja di kawasan strategis dan prestigius. Ini akan meningkatkan kepercayaan diri dan rasa profesionalitas karyawan, karena sudah memahami dan menyukai sistem kerja online dengan virtual office.

Sumber: businessnewsdaily.com
Dengan begitu, karyawan akan lebih percaya diri berkomunikasi dengan klien, calon customer, atau calon mitra bisnis. Ini tentu saja juga akan berdampak positif pada citra perusahaan Anda sekaligus meningkatkan moral karyawan Anda
Apakah Anda siap merasakan fleksibilitas dan profesionalitas kerja maksimal dengan memiliki kantor di kawasan Segitiga Emas Kuningan, Jakarta Selatan? Bersama Aviso, Kami bisa membantu meningkatkan level usaha Anda menjadi lebih modern, efisien dan fleksibel, tanpa harus mengorbankan profesionalitas.
Nikmati virtual office di kawasan pusat bisnis prestise di kawasan Segitiga Emas Jakarta Selatan dengan hubungi Aviso melalui nomor Whatsapp (+62) 81288935889 atau melalui email di marketing@aviso.co.id
Unit Terbatas! Jadi, tunggu apa lagi? Hubungi Aviso sekarang juga dan tingkatkan kredibilitas usaha Anda dengan bersama kami.
Kesimpulan
Keuntungan virtual office untuk karyawan yang bisa menjadi pertimbangan pemilik usaha diantaranya adalah akses ke ruang kerja dan ruang meeting sesuai kebutuhan, fleksibilitas lokasi melalui kerja remote, kemudahan kolaborasi dan komunikasi, meningkatkan kepercayaan diri karyawan, efisiensi waktu, tenaga, dan biaya. Semua keuntungan ini tentunya akan bermuara pada peningkatan kefektifan dan produktifitas kerja dari karyawan.